Acara Sosialisasi Kesehatan Anggota DPR RI Dibubarkan FPI

Irul Hamdani – detikSurabaya

Banyuwangi – Sosialisasi kesehatan gratis yang dilakukan anggota Komisi IX DPR RI di Banyuwangi, diwarnai kericuhan. Acara ini ini dibubarkan paksa oleh Front Pembela Islam (FPI) Banyuwangi, Forum Banyuwangi Cinta Damai serta LSM Gerak.

Kericuhan terjadi saat acara di Rumah Makan Pakis Ruyung, Kelurahan Pakis, Banyuwangi, Kamis (24/6/2010) itu sudah berlangsung sekitar 40 menit. Saat itu sejumlah massa langsung masuk dan berteriak-teriak di dalam ruangan.

Bahkan salah seorang panitia nyaris menjadi sasaran amuk massa. Puluhan peserta pertemuan kalang kabut dan memilih untuk meninggalkan ruangan pertemuan.

Ketua Komisi IX, Ribka Tjiptaning Proletariati, dan anggota Komisi IX ,Rieke Dyah Ayu Pitaloka langsung dievakuasi ke kantor DPC PDI Perjuangan, Jalan Jaksa Agung Suprapto, Banyuwangi.

Massa menuding jika acara tersebut ditunggangi oleh PKI. Sebab, acara tersebut banyak dihadiri oleh keturunan maupun bekas anggota PKI.

“Ini adalah komunitas PKI, ngapain disini,” tuding Ketua FPI Banyuwangi, Aman Faturahman, saat proses pembubaran.

Aman juga menuding, acara itu untuk kembali menumbuhkan bibit PKI di Banyuwangi. Sebab itu pula ia bersama ormas islam lainnya akan terus memantu agar acara tersebut tidak berlanjut.

“Banyuwangi harus kondusif. Tahun 1965 gerakan PKI itu berawal dari Banyuwangi. Peristiwa santet juga terjadi di Banyuwangi,” tegasnya seraya mengingatkan masyarakat agar waspada.

Sementara itu Komisi IX DPR-RI menyesalkan sikap dari ormas Islam tersebut. Komisi IX juga membantah jika acara itu untuk temu kangen eks PKI di Banyuwangi.

Yang benar, acara tersebut untuk mensosialisasikan pentingnya penyediaan fasilitas kesehatan gratis di daerah. Komisi IX juga menyesalkan tidak adanya pengamanan dari pihak kepolisian setempat.

“Sudah bukan zamannya lagi pakai izin pemberitahuan,” kata Ribka Tjiptaning, Ketua KOmisi IX DPR-RI, pada wartawan dikantor PDI-P Banyuwangi.

Hal senada juga disampaikan Rieke Dyah Ayu Pitaloka. Menurutnya, acara sosialisasi itu terbuka untuk umum tak terkecuali bagi eks atau keturunan anggota PKI. Sebab mereka juga warga negara Indonesia.

“Mereka juga warga negara Indonesia,” katanya.

(bdh/bdh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: